Bimbingan
adalah:
ð Proses
pemberian bantuan kepada individu agar mampu memahami dan menerima diri dan
lingkungannya, mengarahkan diri, dan menyesuaikan diri secara positif dan
konstruktif terhadap tuntutan norma kehidupan (agama dan budaya). Sehingga
mencapai kehidupan yang bermakna (berbahagia, baik secara personel maupun
social).
Konseling
adalah:
ð Proses
interaksi antara konselor dan klien baik secara langsung/tidak langsung dalam
rangka membantu klien agar dapat mengembangkan potensi dirinya atau memecahkan
masalah yang di alaminya.
Bimbingan
dan konseling di sekolah:
ð Diartikan
sebagai pelayanan khusus yang terorganisir sebagai bagian internal dari suatu
lingkungan sekolah, yang tugasnya adalah meningkatkan perkembangan siswa-siswi
dan membantu mereka kearah penyesuaian yang di adekuat dan pencapaian prestasi
belajar yang maksimal sesuai dengan potensi
mereka masing-masing.
Program
bimbingan:
ð Terencana
dan terstruktur sesuai dengan kebutuhan.
ð Dilakukan
oleh tenaga yang kompeten.
ð Meliputi
kegiatan bersifat individual dan kelompok.
ð Menggunakan
data: metode dan alat akurat yang mendukung program.
ð Program
mencangkup informasi relevan dengan subjek.
Ada 4
fungsi bimbingan konseling, antara lain:
1.
Pemahaman.
ð Membantu
siswa dapat memahami secara objektif dan realistik.
2.
Reprentatif.
ð Tindakan
pencegahan agar siswa terhindar dari hal-hal buruk.
3.
Pengembangan.
ð Membantu
siswa dalam mengembangkan potensi dirinya.
4.
Kuratif.
ð Membantu
siswa dalam penyelesaian masalahnya.
Komponen
dari bimbingan konseling adalah:
1.
Layanan dasar.
2.
Layanan perencanaan individual.
3.
Layanan responsif.
4.
Layanan dukungan sistem.
Strategi
dalam bimbingan konseling adalah, antra lain:
1.
Individu.
ð Bimbingan
konseling di lakukan hanya antara konselor dan klien, hal ini sebenarnya lebih
efektif dalam proses pemberian konseling. Dan di lakukan di tempat tertutup dan
tenang.
2.
Kelompok.
ð Bimbingan
konseling di berikan kepada sekelompok orang, yang dimana orang-orang tersebut
memiliki permasalahan yang sama atau hamper sama.
Contoh
kegiatan-kegiatan yang di lakukan oleh bimbingan konseling di sekolah;
1.
KEGIATAN : Camping.
a.
TUJUAN:
- Melatih
kepemimpinan.
-
Belajar untuk bekerja dalam satu tim .
-
Belajar untuk dapat menyelesaikan atau memecahkan
suatu masalah dalam kelompok.
b.
FUNGSI:
-
Pengembangan
o
Membantu siswa agar mampu mengembangkan potensi
diri menjadi seorang leadership
o
Melatih siswa berkembang untuk dapat bekerja dalam
satu team.
-
Kuratif.
o
Agar siswa/siswi dalam satu kelompok mampu untuk
menyelesaikan permasalahan yang ada dalam kelompoknya.
c.
KOMPONEN:
-
Layanan dasar.
-
Layanan perencanaan individual.
d.
STRATEGI:
-
Kelompok.
e.
KETERANGAN:
-
Kegiatan ini dilakukan setahun sekali.
-
Peserta kegiatan ini dikhususkan bagi siswa/siswi
baru (kelas X).
-
Kegiatan ini didampingi oleh guru-guru dan OSIS
-
Juga didampingi oleh orang-orang yang ahli di
bidang percampingan.
2.
KEGIATAN: Porseni.
a.
TUJUAN:
-
Meningkatkan sportivitas dan semangat siswa dalam
seni dan olahraga.
-
Tempat menyalurkan minat dan bakat siswa.
b.
FUNGSI:
-
Pengembangan.
o
Membantu siswa agar dapat mengembangkan
sportivitasnya melalui pertandingan dalam porseni tersebut.
o
Membantu siswa dapat memahami minat dan bakatnya.
c.
KOMPONEN:
-
Layanan dasar.
-
Layanan perencanaan individual.
d. STRATEGI:
- Individual.
e. KETERANGAN:
- Kegiatan
dilakukan setahu sekali.
- Kegiatan
bersifat wajib bagi seluruh siswa.
- Porseni
ini terdiri dari berbagai macam perlombaan baik di bidang olahraga dan seni.
- Bagi
pemenang perlombaan akan mendapatkan hadiah dari pihak sekolah.
3.
KEGIATAN: Ekstrakurikuler.
a.
TUJUAN:
-
Membantu mengembangkan minat dan bakat siswa.
-
Memberikan sarana bagi siswa untuk menyalurkan
bakat dan minatnya.
b.
FUNGSI:
-
Pemahaman.
o
Membantu siswa memahami minat dan bakatnya.
-
Pengembangan
o
Membantu siswa mengembangkan minat dan bakatnya.
c. KOMPONEN:
-
Layanan dasar
-
Layanan perencanaan individual.
d.
STRATEGI:
- Individual.
e. KETERANGAN:
-
Kegiatan dilakukan seminggu sekali.
-
Kegiatan bersifat wajib bagi seluruh siswa, semua
siswa harus memiliki minimal satu ekstrakurikuler.
-
Kegiatan ekstrakurikuler ini terdiri dari berbagai
jenis bidang baik itu olahraga dan seni; music, tari dan rupa.
4. KEGIATAN:
Study tour.
a.
TUJUAN:
-
Agar siswa mendapat pengalaman baru dan
pengetahuan baru, baik itu bidang IPTEK , budaya dan sosial.
b.
FUNGSI:
-
Pemahaman.
o
Membantu siswa dapat memahami secara objektif dan
realistic.
c.
KOMPONEN:
-
Layanan dasar
-
Layanan perencanaan individu.
d.
STRATEGI:
-
Individu dan kelompok.
e.
KETERANGAN:
-
Kegiatan dilakukan setahun sekali.
-
Kegiatan ini bagi siswa dan siswi yang berminat.
-
Kegiatan ini bertopik IPTEK, budaya dan sosial.
5. KEGIATAN:
Pemberian Angket.
a.
TUJUAN:
-
Agar pihak pengajar di sekolah dapat memahami cara
pembelajaran yang tepat bagi murid.
-
Agar proses pembelajaran dapat berjalan secara
efisien.
b.
FUNGSI:
-
Pemahaman
o
Agar guru dan siswa dapat saling memahami.
-
Preventif.
o
Untuk mencegah terjadi permasalahan antara siswa
dan guru.
-
Kuratif.
o
Untuk mencari penyelesaian dalam permasalahan .
c.
KOMPONEN:
-
Layanan perencanaan indidual.
d.
STRATEGI:
-
Individual.
e.
KETERANGAN:
-
Kegiatan ini dilakukan sebulan sekali.
-
Dilakukan oleh pihak OSIS kepada seluruh siswa.
-
Angket Berisikan hal-hal yang dapat mengefisiensi
proses belajar.
6.
KEGIATAN: Seminar.
a.
TUJUAN:
-
Menambah pengetahuan dan wawasan siswa/siswi
seputar pengalaman hidup.
b.
FUNGSI:
-
Pemahaman
o
Agar siswa semakin paham mengenai permasalahan
hidup yang ada seputar remaja.
-
Preventif
o
Agar siswa/siswi
tidak terjerumus pada hal-hal yang dapat merusak kehidupannya.
o
Agar siswa/siswi dapat menjahui hal-hal yang tidak
baik seperti narkoba dan pergaulan bebas.
c.
KOMPONEN:
-
Layanan responsive.
-
Layanan dukungan sistem.
d.
STRATEGI:
-
Individu
-
Kelompok.
e.
KETERANGAN:
-
Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh siswa.
-
Kegiatan ini dilakukan 2 bulan sekali.
-
Kegiatan ini didampingi narasumber yang sesuai
dengan topic kehidupan remaja.
-
Kegiatan ini membutuhkan narasumber atau pembicara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar