Pages

Minggu, 17 November 2013

Karya kreativitas individu; Hiasan bola kaca berisi bunga dan butiran salju.






Ide kreatif saya adalah membuat hiasan bola kaca berisi bunga dan butiran salju dalam bola lampu neon bekas.
Person: Dari kecil saya memang suka membuat hiasan karya sendiri yang nantinya hasilnya akan saya pajang dirumah saya sendiri. Antara lain hasil karya yang sudah pernah saya buat yaitu lukisan mike mouse (dari sisik ikan), ayam (dari kulit kerang), serta burung (dari benang wol), dan beberapa rajutan tangan lainnya. Dulu saya berpikir daripada membeli hiasan dari toko, lebih baik saya mencoba membuatnya sendiri. Tetapi sudah setahun belakangan ini saya tidak lagi membuat handmade seperti itu.

 

Press: Tetapi kemarin ketika saya mendapat tugas KREATIVITAS untuk membuat karya kreatif pribadi, saya kembali teringat dengan kebiasaan saya dahulu membuat hiasan handmade. Setelah berpikir cukup lama, akhirnya saya terpikir untuk membuat hiasan bola kaca berisi butiran salju dan bunga dalam bola lampu neon bekas. Mengapa saya bisa terpikir untuk membuat hiasan bola kaca berisi butiran salju dan bunga dalam bola lampu neon bekas tersebut? Hal ini dikarenakan saya mempunyai ketertarikan untuk menggambarkan dunia hayalan saya. Saya sangat ingin untuk tinggal ditempat yang dipenuhi bunga dan menikmati turunnya hujan salju. Kemudian saya berpikir dengan apakah saya dapat menggambarkan taman bunga dan hujan salju tersebut. Lalu ketika saya melihat sebuah bola lampu neon di-kostan saya, saya jadi terpikir untuk memecahkannya dan mengisinya dengan bunga buatan dan sterofom sebagai butiran saljunya.

 
Process: Nah, untuk menyelesaikan hiasan bola kaca itu saya membutuhkan beberapa alat dan bahan. Antara lain bahan; bola lampu neon bekas, bunga buatan, sterofom, air, lilin, kaleng atau botol bekas, alat; pisau, palu, dll. Alat dan bahan yang saya butuhkan itu cukup mudah untuk di cari, sehingga dalam pengerjaan hiasan bola kaca tersebut, saya cukup memperoleh kemudahan. Langkah pengerjaan hiasan bola kaca berisi bunga dan butiran salju tersebut dimulai dengan memecahkan ujung dari bola lampu neon bekas. Kemudian saya membersihkan bagian dalam bola lampu tersebut, dan memasukkan bunga serta butiran salju steroform. Saya kemudian menghias bagian dalam lampu tersebut dengan lilin yang sudah dicairkan. Setelah tahap tersebut selesai, saya mengisi bola lampu tersebut dengan air secukupnya, kemudian menutupnya dengan plastik. Lalu saya mencairkan lilin sisa yang tadi dan menuangkannya kedalam kaleng atau botol bekas yang sudah saya potong dengan tinggi kira-kira 7 cm. Sesegeranya saya memasukkan bola lampu yang sudah saya hias tadi kedalam kaleng atau botol bekas yang berisi lilin cair tadi dan menunggunya hingga kering. Hingga selesai saya membutuhkan waktu sekitar beberapa hari untuk membuat hiasan bola kaca berisi bunga dan butiran salju tersebut.


Product: Gambaran dunia hayalan saya akhirnya bisa tercipta. Hiasan bola kaca berisi butiran salju dan bunga dapat saya selesaikan dengan tangan saya sendiri. memanfaatkan bahan-bahan bekas menjadi sesuatu yang bisa mewujudkan mimpi ku.. aku pn harus begitu, dengan kekuatanku yang seperti ini (kecil) aku harus mampu menghasilkan cita-cita dan impian ku.. Aku berharap ketika orang lain melihatnya mereka juga akan dapat merasakan betapa indahnya dunia yang dipenuhi dengan bunga dan hujan salju. Dan akan terus bersemangat untuk bermimpi dan mewujudkannya :)


Demikianlah karya kreatif saya, semoga anda semua dapat menikmatinya dan selamat mencoba… :)

24 komentar:

  1. Melfaaaa lucu nih ide kreatif nya. Keren! Sulit gak buatnya?
    Kapan-kapan buatin trymay dong hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi trymay..
      gak susah kog may,, cuma dlm pembuatannya harus sabar dan hati-hati karna kn pake bahan yg mudah pecah. klw lilinnya trlalu panas, bisa pecah bola kaca ny..
      boleh kog may.. :)

      Hapus
  2. Banyak barang barang yang mungkin tidak terpakai lagi berguna jika kita membuat karya kreatid Melfa ini... Jadi, barang-barang tersebut tidak terbuang sia-sia...

    Sepertinya motivasi internal yang mendasari Melfa membuat karya ini yaa :)

    BalasHapus
  3. keren melfa, ne bisa jadi salah satu ide kreatif untuk mengatasi global warming :D
    (y)
    bola kaca bisa d cari dimna y melfa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe,, mksi livi..

      bola kaca nya itu dari bola lampu neon bekas vi :)
      bola lampu yg kita pake dirumah kita kian...

      Hapus
  4. Melfa idenya sangat cemelang :D Pasti cantik sekali jika dibuat sebagai hiasan rumah, misalnya kita letakkan di atas meja.

    Lagi-lagi menggunakan barang-barang tidak berharga lagi, yang sudah tidak dipakai, kemudian didaur ulang menjadi sesuatu yang berharga dan dapat dipakai (lagi).

    Kalau semua peminjak bumi ini berpikir seperti itu, memilih melestarikan isi bumi, wah.. mungkin saja tidak akan banyak permasalahan-permasalah lingkungan yang akan kita hadapi.
    #Hope it'll be happened.

    #SemangatTanpaBatas
    #Salam Kreatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju muthia :)
      (y)

      kalau ga kita siapa lagi? sebagai generasi muda kita harus mulai untuk menyelamatkan bumi dgn daur ulang dari hal sekecil apapun. dan hasilnya pn bisa mnghsilkan sesuatu..
      (y)

      Hapus
  5. keren bah ide si melfa ini :D
    lampu yang udah gak terpakai lagi bisa dimanfaatkan ulang menjadi hiasan meja, seperti yang diatas :))
    saluut buat melfa :D

    BalasHapus
  6. aku suka karya melfa ini dan aku paling suka dengan melfa yang katanya membuat karya sesuai dengan dunia khayalan atau imajinasinya. ciri2 pribadi kreatif.. cool... :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe,, makasi yofosh :)
      bermimpi kemudian mewujudkannya :D

      semangattt buat kita (y)

      Hapus
  7. aku sukaa sama bolanya..
    pasti ribet tuh buatnya yaa??
    kalo yang ngga sabaran, ngga bisa buat gitu yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi nova :)

      lumayan ribet, tapi pasti bisa kog..
      iya butuh kesabaran va buatnya,, takutnya kan bola kaca nya bisa pecah klw trlalu panas atau trbentur...
      semangattt (y)

      Hapus
  8. wahh....cantikk hasil buatan hiasanya... mendaur ulang barang" yang udah gk kepake bnar-benar ide yang bagus,,,, kira" bola lampunya itu bisa diisi boneka mini gtu gk ya barru dikasih salju" buatan dari kertass....cantik.. pengen buatt... nanti ajari melVa yaaa melFa... :) hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi y behh melVa.. :)

      bisa kog,, cuma boneka nya memang harus disesuaikan dgn ukuran lubang kaca nya..

      hahha,,
      oke deh melVa, nnti melFa ajarin pun :D

      Hapus
  9. weeeeewww.. keren mel.. temenku kemaren beli itu untuk kado, nah kamunya malah buat..

    awesome melf
    maulah satuu ^__^ hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi beb pida :)

      wahh sayang kali y,, kog temanmu ga mesan dari aku aja :D hehhe

      boleh,, tapi buatnya bareng2 y :)

      Hapus
  10. pasti sulit ya dek buatnya???
    hmmm, ajarin donk mana tw kk berbakat...
    hehehe
    good job ya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi kak Laura :)

      ga sulit kog kak,, cuma memang harus sabar dan hati-hati aja :)
      bole kak...

      Hapus
  11. Cantik sekali hasilnya melfa, unik n kreativif. Pasti susah ya buatnya, gimana caranya memasukan air ke dalam lampunya, trus menutup nya kembali. Dian suka dengan hasil nya :)

    BalasHapus
  12. Gimana cara mecahin ujung bola lampunya?? takuut..-__-

    BalasHapus
  13. wahhh kereenn. sangat kreatif..
    terima kasih untuk infonya, kunjungi juga www.smartkiosku.com atau www.serbamultimedia.com yaa

    BalasHapus
  14. Salam untuk kalian para member setia S1288poker, bagi kalian yang ingin bergabung bersama kami di S1288poker kalian bisa langsung saja mendaftarkan diri kalian disini dan ajak teman kalian untuk bermaian di S1288poker,com dapat kan bonus juga bonus freechips setiap hari nya.
    Cukup dengan deposit Rp. 10.000,- saja kalian sudah dapat bergabung bersama kami dan nantikan bonus-bonus menarik dari kami dan juga permainan seru lainnya hanya di s1288poker Agen judi poker terbaik dan terpercaya. (WA : 08122221680)

    BalasHapus