Pages

Jumat, 11 April 2014

TIK dan pedagogis




Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memiliki perngaruh besar pada dunia di mana orang-orang muda hidup. Demikian pula, E-Learning, yaitu belajar yang didukung atau difasilitasi oleh TIK, memiliki potensi yang cukup besar untuk mendukung pendekatan pengajaran, dengan tidak melupakan dimensi pedagogi. Setidaknya penggunaan E-Learning atau pembelajaran yang didukung dengan TIK bermanfaat dalam beberapa hal.
1.      Membantu pembuatan koneksi yang memungkinkan siswa untuk masuk dan menjelajahi lingkungan yang baru, mengatasi hambatan jarak dan waktu.
2.      Memfasilitasi pembelajaran bersama dengan memungkinkan siswa untuk bergabung atau menciptakan komunitas pelajar yang memperpanjang kegiatan belajar secara lebih baik di luar kelas.
3.      Membantu dalam penciptaan lingkungan yang menunjang pembelajaran dengan menawarkan sumber daya yang memperhitungkan individu, budaya, atau perbedaan perkembangan.
4.      Meningkatkan kesempatan untuk belajar bagi siswa dengan menawarkan pengalaman virtual dan alat-alat yang menghemat waktu mereka, sehingga memungkinkan mereka belajar lebih lanjut.

Sekolah sebaiknya tidak hanya mengekplorasi bagaimana TIK dapat menambah cara mengajar tradisional, tetapi juga bagaimana bisa membuka cara belajar baru dan berbeda. Namun demikian, sekali lagi penggunaan TIK yang mengabaikan dimensi pedagogisnya merupakan praktik pendidikan yang menyimpang. Konsepsi ini mestinya diterima secara luas oleh guru, pembuat kebijakan bidang pendidikan, dan masyarakat.


Sumber: Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi.2013. Prof.Dr.Sudarwan Danim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar