Pages

Senin, 03 Juni 2013

Pembagian singkat bidang-bidang psikologi.



 
Psikolog adalah ahli kejiwaan, berasal dari Fakultas Psikologi, dibagi menjadi 5 yaitu psikolog perkembangan, psikolog pendidikan, psikolog sosial, psikolog industri dan organisasi, psikolog klinis. Psikologi bergerak di banyak bidang dan bersifat luas.
Psikolog klinis yang melayani manusia dalam penyembuhan kejiwaan manusia yang sedang memiliki masalah dalam hidup atau terguncang jiwanya tanpa menggunakan obat-obatan. Dengan cara melayani curhatan, konsultasi masalah pribadi, memberikan terapi bila diperlukan. Ruang lingkup kerjanya biasanya di Rumah Sakit Jiwa, dengan Psikiater biasanya bekerja sama dalam menyembuhkan gangguan kejiwaan yang dimiliki klien shizofrenia.
Psikolog perkembangan dan pendidikan biasanya sama dalam ruang lingkupnya yaitu anak-anak yang masih dalam tahap perkembangan atau menangani anak-anak bermasalah (dalam bahasa Psikolog anak kreatif dan aktif/hiperaktif) tapi bahasa masyarakat awam adalah anak yang nakal.
Psikolog industri dan organisasi, sudah jelas ruang lingkupnya di industri dan organisasi. Biasanya di perusahaan dalam menangani karyawan yang bermasalah, bagian HRD, Personalia, Sumber Daya Manusia (SDM), konsultan perusahaan, apabila Saat mengadakan rekruitment, seleksi, promosi, dan mutasi, payroll, training ataupun mengetes remaja-remaja yang kebingungan dalam memilih jurusan saat SMA maupun kuliah.
Psikolog social dalah psikolog yang mengurus masalah-masalah social yang sedang terjadi di masyarakat. Biasanya ruang lingkupnya di LSM, yayasan social, dan social masyarakat.
Sebenarnya ada pembagian bagian-bagian kecil dari psikologi, misalnya psikologi umum dan eksperimen, yang biasaanya ruang lingkupnya adalah pengukuran alat tes psikologi. Sebenarnya psikologi bergerak di banyak bidang dan bersifat luas. Oleh karena itu prospek psikologi sangatlah besar dan cemerlang.
Namun umumnya Perguruan Tinggi hanya membuka Magister Psikologi untuk yang ingin menjadi Psikolog Pendidikan, Psikolog Industri dan Organisasi, dan Psikolog Klinis. Mungkin karena peminatnya lebih banyak dibanding Psikolog Sosial dan Psikolog Perkembangan.

0 komentar:

Poskan Komentar