Pages

Jumat, 27 Juni 2014

Review Presentasi Kelompok 5





Pada presentasi kelompok kami yaitu kelompok 5, kami menjelaskan mengenai jalannya proses pembelajaran yang telah kami lakukan. Kami melakukan pembelajaran pada 4 orang anak yang berusia 3-5 tahun. Anak-anak tersebut berinisial IK usia 5 tahun merupakan satu-satunya anak yang sudah masuk taman kanak-kanak, AL dan RF usia 4 tahun, serta NZ usia 3 tahun.
Tema proses pembelajaran kami “belajar sambil bermain”, dimana pembelajaran kami sesuaikan dengan tahap perkembangan dan usia mereka. Antara lain hal perkembangan fisik yaitu mengembangkan keterampilan tangan anak, kami lakukan dengan mengajak mereka menghias pisang crispy di hari pertama dan melakukan finger paint di hari kedua. Kami juga mengembangkan perkembangan kognitif anak yaitu mengajar mereka untuk dapat mengikuti lebih dari 2 perintah sekaligus, mengenal warna dan mengurutkan objek secara tepat. Hal lain yaitu mengembangkan kemampuan sosial anak, yaitu mengajar untuk menghargai hasil karyanya, belajar bekerjasama, mengajar anak mengantri/mengambil giliran, yang kami lakukan lewat permainan selama 2 hari pertemuan tersebut.
Inti pembelajaran kami hari pertama adalah mengajak mereka bermain “menghias pisang crispy”. Kami ingin mengajarkan anak untuk mengembangkan kreativitasnya dan menghargainya. Sebelum mulai menghias pisang, kami mengajarkan anak cara mencuci tangan yang baik serta fungsinya, yang kami lakukan dengan pemberian video animasi mengenai pentingnya cuci tangan dan cara cuci tangan yang baik tersebut. Kami menjelaskan respon anak yang kami ajari, dihari pertama awalnya mereka pendiam dan malu-malu, namun anak tersebut mulai aktif setelah kami memulai kegiatan.
Inti pembelajaran hari kedua adalah mengenal warna. Yaitu lewat video dan alat peraga (kertas origami warna). Setelah belajar warna, kami mengaplikasikan “pengetahuan warna” mereka dalam finger paint sesuai warna yang mereka pelajari tadi. kami juga menjelaskan respon anak-anak tersebut di hari kedua yang jauh lebih positif dibanding hari sebelumnya, mereka aktif dalam bertanya dan menjawab.
Dalam presentasi kami juga menjelaskan bahwa tidak semua konsep pembelajaran yang dirancang kelompok terlaksana. Pada hari pertama waktu yang ditentukan 60 menit namun pada prosesnya waktu yang digunakan lebih dari 60 menit. Di hari kedua prosesnya sedikit terganggu karena banyak orangtua yang melihat-lihat jalannya pembelajaran.
Dalam mempersiapkan presentasi kemarin kelompok kurang persiapan dan kurangnya kerjasama yang baik dalam kelompok mengenai pembagian tugas presentasi. Kelompok harus mengulang presentasinya untuk kedua kalinya. Kelompok berusaha memperbaiki performanya, dan belajar dari setiap saran dan kritik dari dosen pengampu dan teman-teman. Dari kejadian ini kelompok belajar banyak hal antara lain belajar bertanggung jawab, bekerja sama, belajar memberikan yang terbaik, dan banyak hal lainnya yang sangat bermanfaat bagi anggota kelompok secara pribadi baik dalam mata kuliah pedagogi maupun kegiatan lain ke depannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar