Pada presentasi kelompok kami yaitu kelompok 5, kami
menjelaskan mengenai jalannya proses pembelajaran yang telah kami lakukan. Kami
melakukan pembelajaran pada 4 orang anak yang berusia 3-5 tahun. Anak-anak
tersebut berinisial IK usia 5 tahun merupakan satu-satunya anak yang sudah
masuk taman kanak-kanak, AL dan RF usia 4 tahun, serta NZ usia 3 tahun.
Tema proses pembelajaran kami “belajar sambil
bermain”, dimana pembelajaran kami sesuaikan dengan tahap perkembangan dan usia
mereka. Antara lain hal perkembangan fisik yaitu mengembangkan keterampilan tangan anak, kami lakukan
dengan mengajak mereka menghias pisang crispy di hari pertama dan melakukan
finger paint di hari kedua.
Kami juga mengembangkan
perkembangan kognitif anak yaitu mengajar mereka untuk dapat mengikuti lebih
dari 2 perintah sekaligus, mengenal warna dan mengurutkan objek secara tepat. Hal
lain yaitu mengembangkan kemampuan sosial anak, yaitu mengajar untuk menghargai hasil karyanya, belajar bekerjasama,
mengajar anak mengantri/mengambil giliran, yang kami lakukan lewat permainan
selama 2 hari pertemuan tersebut.
Inti
pembelajaran kami hari pertama adalah mengajak mereka bermain “menghias pisang
crispy”. Kami ingin mengajarkan anak untuk mengembangkan kreativitasnya dan
menghargainya. Sebelum mulai menghias pisang, kami mengajarkan anak cara
mencuci tangan yang baik serta fungsinya, yang kami lakukan dengan pemberian
video animasi mengenai pentingnya cuci tangan dan cara cuci tangan yang baik
tersebut. Kami menjelaskan respon anak yang kami ajari, dihari pertama awalnya mereka
pendiam dan malu-malu, namun anak tersebut mulai aktif setelah kami memulai
kegiatan.
Inti
pembelajaran hari kedua adalah mengenal warna. Yaitu lewat video dan alat
peraga (kertas origami warna). Setelah belajar warna, kami mengaplikasikan
“pengetahuan warna” mereka dalam finger paint sesuai warna yang mereka pelajari
tadi. kami juga menjelaskan respon anak-anak tersebut di hari kedua yang jauh lebih
positif dibanding hari sebelumnya, mereka aktif dalam bertanya dan menjawab.
Dalam presentasi kami juga
menjelaskan bahwa tidak semua konsep pembelajaran yang dirancang kelompok
terlaksana. Pada hari pertama waktu yang ditentukan 60 menit namun pada
prosesnya waktu yang digunakan lebih dari 60 menit. Di hari
kedua prosesnya sedikit terganggu karena banyak orangtua yang melihat-lihat jalannya pembelajaran.
Dalam mempersiapkan presentasi
kemarin kelompok kurang persiapan dan kurangnya kerjasama yang baik dalam
kelompok mengenai pembagian tugas presentasi. Kelompok harus mengulang
presentasinya untuk kedua kalinya. Kelompok berusaha memperbaiki performanya,
dan belajar dari setiap saran dan kritik dari dosen pengampu dan teman-teman.
Dari kejadian ini kelompok belajar banyak hal antara lain belajar bertanggung
jawab, bekerja sama, belajar memberikan yang terbaik, dan banyak hal lainnya
yang sangat bermanfaat bagi anggota kelompok secara pribadi baik dalam mata
kuliah pedagogi maupun kegiatan lain ke depannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar